DIET SAYA…, TIP MENURUNKAN BERAT BADAN

(Oleh: Siti Hardijanti Rukmana)

2

Ada banyak yang bertanya, bagaimana keseharian saya merawat kebugaran, hingga usia saya yang hampir menyentuh usia 70 tahun.

Saya ingin berbagi pengalaman, bagaimana menurunkan berat badan tanpa membahayakan diri kita. Setiap kali timbangan berat badan saya naik, saya lakukan diet, sebagaimana akan saya share melalui tulisan ini. Diet ini dinamakan “a fast fat burning diet” atau diet pembakaran lemak secara cepat. Diet ini sudah saya lakukan sejak tahun 2006.

Program menurunkan berat badan dalam rentang 7 (tujuh) hari ini dapat digunakan sesering mungkin. Kapan saja kita mau, bahkan, apabila diikuti sesuai petunjuk, akan membersihkan badan dari segala macam racun dari tubuh kita. Tubuh kita juga akan merasa lebih sehat dari sebelumnya.

Setelah beberapa hari menjalankan program ini, tubuh kita akan merasa lebih ringan dengan turun berat badan paling tidak 4 kg bahkan bisa mencapai 8 kg (10 – 17 pounds). Kita akan merasa mendapatkan tambahan energi yang berlebih. Kita bisa meneruskan program ini selama kita suka dan akan merasakan perbedaannya dengan ketika sebelum diet.

Rahasia diet “a fast fat burning diet” (diet pembakaran lemak secara cepat) adalah kalori yang dibakar lebih banyak dari kalori yang masuk. Hal ini akan membersihkan sistem pencernakan dari segala kotoran, sehingga kita akan merasa lebih sehat. Tidak boleh (dilarang) meminum minuman beralkohol (bagi yang biasa minum) selama melaksanakan program diet ini, karena sedang dalam pembersihan dari penambahan lemak pada tubuh kita. Bagi yang terbiasa minum alkohol, lakukan diet ini setelah 24 jam tidak minum alkohol.

Karena sistem susunan pencernakan setiap orang berbeda, maka diet ini pengaruhnya pada setiap individu tidak sama. Setelah 3 (tiga) hari diet, kita akan mendapatkan tambahan energi dari sebelumnya. Kalau kita tidak curang (melanggar ketentuan diet), setelah melakukan diet ini, system pembuangan kotoran kita berubah. Untuk itu kita perlu makan semangkuk sup yang mengandung gandum dan berserat. Walaupun dibolehkan minum kopi tanpa gula selama diet, biasanya setelah 3 hari kita tidak memerlukannya lagi.

Baca Juga:  Perias Pernikahan Cucu HM Soeharto Bawa Sejumlah Uborampe ke Jakarta
 

Yang sama sekali dilarang

Roti
Minuman beralkohol
Minuman yang bersoda, minuman diet
Makanan gorengan, makanan berlemak
 
 

Yang dibolehkan

Air putih ( usahakan minum air putih 5-8 gelas sehari)
Teh pahit
Coffee pahit
Juice tanpa gula, Cranberry Juice
Skimmed milk (pada hari yang dibolehkan)

Kembali ke sup pembakar lemak. Sup pembakar lemak, dapat dimakan kapan saja ketika kita merasa lapar selama menjalankan program diet ini. Makan sebanyak mungkin kita mau, dan sesering mungkin kita kehendaki. Sup ini tidak akan menambah kalori. Kita bisa memakan sup ini sesuka kita. Semakin banyak kita memakan sup, semakin banyak pula berat badan kita akan turun.

Kita boleh makan ayam rebus atau ayam bakar (yang tidak berkulit) untuk menggantikan daging. Obat resep apapun, tidak akan mengganggu diet kita ini.

Kita bisa melanjutkan program diet ini selama kita inginkan. Kita bisa merasakan perbedaannya pada tubuh kita.

Kalau kita mau, kita dapat mengganti daging dengan ikan rebus/kukus hanya untuk satu hari dari saat hari bermenu daging. Kita membutuhkan protein yang tinggi dari daging pada hari berikutnya.

BAHAN SUP PEMBAKAR LEMAK

Jumlah Jenis makanan
6 buah daun bawang ukuran besar dan bawang Bombay
1 atau 2 kaleng besar tomat ( atau 6 buah tomat segar)
1 buah kool ukuran besar
2 buah paprika
1 ikat seledri
300 gram daging (tanpa lemak)

Caranya, beri bumbu garam, merica, karre, dan bumbu lainnya bila dikehendaki.

Potong semua bahan kotak-kotak sedang dan masukkan dalam panci berisi air. Didihkan selama 10 menit, kemudian lanjutkan dipanaskan dengan api kecil sampai semua sayuran menjadi lembek dan empuk.

Sebagaimana saya sampaikan di atas, sup ini dapat kita makan setiap saat apabila merasa lapar. Makan sebanyak mungkin yang kita suka, kapan saja setiap hari. Sup ini tidak akan menambah kalori.

 

Sedangkan tahapan diet selama 7 (tujuh hari), dikemukakan sebagai berikut:

 Hari 1 Semua buah kecuali pisang, alpokat, durian, nangka, mangga.

Menu hari pertama terdiri dari buah-buahan kecuali pisang, alpokat, durian, nangka dan mangga. Semangka dan melon mempunyai kalori yang sangat rendah dibandingkan dengan buah lainnya. Makan hanya sup (sup pembakar lemak) dan buah-buahan pada hari pertama program diet. Minum teh pahit, cranberry juice atau air putih.

 
 Hari  2

 

Semua sayuran

Makan sekenyangnya dengan sayuran, baik mentah maupun dimasak sesuai selera kita. Makan sayuran dan hindari kacang-kacangan dan jagung. Makan sayuran saja dengan sup (sup pembakar lemak). Pada saat makan malam kita mendapat “hadiah”, dibolehkan makan kentang ukuran besar dipanggang/dibakar, dimakan dengan mentega. Makan sup sebanyak-banyaknya, tapi jangan/tidak boleh makan buah buahan.

 
 

Hari 3

 

Campur hari ke 1 dan hari ke 2 (kecuali kentang dan mentega)

Makan sup, buah buahan dan sayuran. Hari ketiga ini kita tidak boleh makan kentang dan mentega.

 
 Hari 4 Pisang dan skimmed milk (susu yang telah diambil kepala susunya)

Makan sebanyak-banyak pisang (8 buah) dan minum skimmed milk sebanyak banyak kita bisa, bersama sup (Sup Pembakar Lemak). Pisang mengandung kalori yang tinggi dan karbohidrat, demikian juga susu. Tapi pada hari ini (hari ke empat dalam program diet), tubuh kita membutuhkan potassium dan karbohidrat, protein dan kalsium untuk mengurangi / memperkecil kebutuhan gula pada tubuh kita.

 
 Hari 5 Daging/ikan, sayuran dan tomat

Kita dibolehkan makan daging/ikan 10 sampai 12 ons dan 1 kaleng tomat / 6 buah tomat segar. Minum air putih sebanyak 6 sampai 8 gelas untuk menghilangkan uric acid yang ada di tubuh kita. Makan sup (sup pembakar lemak) paling tidak 1 kali hari ini.

 
 Hari 6 Daging/Ikan dan sayuran

Kita bisa makan daging/ikan dan sayuran pada hari ini. Kita dapat makan sekali gus 2 atau 3 potong daging/ikan dan sayuran. Tidak boleh kentang. Jangan lupa makan sup paling tidak 1 kali hari ini.

 
 Hari 7 Nasi merah, juice yang tidak pakai gula dan sayuran

Pada hari ke 7 ini,kita bisa makan nasi merah, juice yang tidak memakai gula dan makan sayuran. Jangan lupa untuk makan sup paling tidak 1 kali.

 

Setelah selesai 7 hari, apabila kita tidak curang melakukan diet diatas, kita akan mendapati berat turun antara 4 sampai 8 kg (10 – 17 pounds). Kalau berat badan kita turun lebih dari 7 kg, dan ingin melanjutkan, berhenti dulu dari diet selama 2 hari. Baru mulai laksanakan program diet lagi. Sebagai catatan, 4 ozs = 125 gram = 1 cup.

Penduan diet ini saya peroleh dari seorang teman yang akan dioperasi di sebuah RS di Singapura. Ketika hendak melakukan operasi, dia harus menurunkan berat badan. Langkah itu yang telah dilakukannya dan alhamdulillah berhasil. Tentunya panduan itu merupakan arahan dari para dokternya. Saya kemudian mempraktekkannya, dan alhamdulillah juga semakin bertambah bugar.

Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan kesehatan kepada kita. Semakin sehat warga negara kita, semakin kuat bangsa dan negara kita. Aamiin

Jakarta, menyongsong matahari pagi, 2 Juli 2018

Mungkin anda juga ingin membaca
Jalan Tol VI: Sosrobahu yang Berarti Seribu Pundak Sahabat, Dengan dapatnya kami bridging finance dari sumber di luar negeri, membuat semangat kami semakin terpacu. Mengingat banyaknya waktu yang tela...
Mbak Tutut dan Titiek Sepakat Rumah Cendana Dijadikan Museum JAKARTA — Rumah sederhana di Jl. Cendana No 6-8-10, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat menjadi saksi Bapak Pembangunan memimpin Negara Kesatuan Republ...
MEMERANGI LEPROPHOBYA (2): MENEMANI PENDERITA Mohon maaf sebelumnya apabila foto foto yang saya sertakan dalam tulisan ini kurang berkenan. Bukan bermaksud menebar sadisme. Tiada lain untuk mengaj...
Perias Pernikahan Cucu HM Soeharto Bawa Sejumlah Uborampe ke Jakarta YOGYAKARTA — Perias pengantin upacara pernikahan cucu presiden ke-2 RI HM Soeharto, asal Yogyakarta, Tienuk Rifki membawa sejumlah sajen dan 12 orang ...
Nikmati Hidup ini Teringat akan suatu saat di tahun 80-an dimana waktu itu aku akan mencoba ikut tender jalan tol yang diselenggarakan oleh Jasa Marga. Namun sebelumnya...
Jalan Tol IV: Kami Tidak Dapat Hanya Menunggu Sahabat, Ternyata setelah kemenangan kami dalam tender jalan toll ini, masih banyak persoalan yang harus kami selesaikan. Karena proyek jalan toll Ca...
MENEMUI PENGAMEN JALANAN Suatu sore, sepulang bapak dari bermain golf di Rawamangun, bapak memanggil saya. Kalau tidak salah bulan Juli 1986 waktu itu. Obos Gembok (Alm), ...
2 Comments
  1. Dian Astriana says

    Inspiring sekali, terima kasih sharingnya mba Tutut.
    Boleh memperjelas 2 poin mbak?
    1. Apakah juice cranberies tanpa gula boleh dikonsumsi setiap hari atau hanya terpaku di hari 1 & 7 sesuai jadual di atas?
    2. sup pembakar lemak apakah hanya dikonsumsi air kuahnya saja? isinya utamanya daging atau sayuran hanya boleh dikonsumsi sesuai aturan harinya saja?

    Terima kasih sebelumnya ya mba. Salam.

  2. Wal says

    Assalammualaikum bu tutut,
    Semoga harini dalam keadaan sehat dan berbahagia, bu tulisan ibu bermamfaat sekali dalam menambah ilmu pengetahuan untuk mengisi kehidupan ini. ibu senang bisa bertemu di dunia maya ini , dulu waktu ibu jadi mentri saya waktu itu masih SD .dan ibu jadi inspring buat saya untuk bisa sukses dalam hidup, bu tutut wanita bisa berkiprah dalam pembangunan bangsa kita, saya harus bisa juga itu cita cita yang tersemat dalam hati. Alhamdulilah cita cita terkabul saya bisa juga jadi entrepreur yang hanya sanggup memberi gaji untuk 8 orang pegawai. tapi intinya jadi pengusaha saya sudah bisa. bu tutut apakah ibu mempunyai sekolah atau pesantren untuk ladang amal?, saya membaca tulisan ibu tentang kerudung ,dari tulisan ibu itu saya menyimpulkan ibu tutut ini sudah mempunyai kelebihan dan hidupnya sudah seperti orang orang yang bertoriqot, saya kagum bu, kalo Allah memberikan izin saya beserta keluarga pingin sekali bersilaturahmi dengan ibu.

    salam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.